Tip dan Trik Memahami dan Pandai Komputer

Gambar

Pesatnya perkembangan komputer menuntut kita/user bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Namun adakalanya kita mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga menghambat pekerjaan kita.  Salah satu solusinya maka kita bertanya pada orang yang lebih pandai tentang masalah yang sedang kita hadapi. Tulisan di bawah ini adalah salah satu cara dari sekian banyak cara untuk bisa menguasai prinsip troubelshooting komputer.

Ada pepatah ‘malu bertanya sesat di jalan’, menurut penulis pepatah itu kurang tepat jika di terapkan di komputer. Penulis punya pepatah yang lebih pas ‘ banyak bertanya malu-maluin’. Biasanya orang pandai komputer karena autodidak (belajar sendiri), apakah seperti itu? Bukannya orang pandai komputer karena sekolah / kuliah komputer. ? Orang kuliah komputer lulus pandai komputer itu wajar, namun jangan salah ada juga lulusan komputer yang ilmu/keterampilan komputernya biasa-biasa aja.

Jika penulis amati prosesnya dari bagaimana kuliah dan aktifitas di luar kuliah maka akan jelas bedanya. Teman yang pandai komputer akan tekun belajar dan praktek komputer di luar jam kuliah, kadang beberapa malam tidak tidur. Namun yang kurang pandai komputer biasanya lebih tekun di kuliah teori, namun praktek komputernya kurang.

Satu hal lagi yang mencetak lulusan pandai komputer adalah kemampuan memecahkan masalah ( yang berhubungan dengan komputer /pemrograman/ troubleshooting) secara mandiri, karena masalah tersebut ia ciptakan sendiri dan harus di pecahkan sendiri, orang lain tidak bisa membantu karena  kurang memahami permasalahannya.

Kembali ke pepatah ‘banyak bertanya malu-maluin’ tidak ada salahnya jika  pepatah ini di terapkan pada orang awam yang ingin pandai komputer, mengapa ?  Jika muncul permasalahan lalu bertanya maka ada beberapa  yang perlu kita perhatikan :

  1. Banyak sekali permasalah yang akan muncul jika kita menggunakan komputer, apakah kita akan terus bertanya?
  2. Jika satu masalah selesai karena bertanya, maka jika masalah itu muncul kembali biasanya kita tidak bisa lagi.
  3. Dengan bertanya maka akan mematikan daya kreatif dan inisiatif sehingga cenderung pasif.
  4. Banyak bertaya tidak ifisien.

Jika tidak bertanya, lalu bagaimana solusinya jika permasalahan muncul:

  1. Jika saat permasalah muncul, dan komputer terkoneksi ke internet, carilah solusinya di google, biasanya ada jawaban.
  2. Jika tidak online, maka diam sejenak 2 menit lalu coba-coba (jangan khawatir karena komputer di program agar orang/user mudah menggunakannya dengan melihat tampilan  interfacenya / user friendly).
  3. Belajar dari buku/modul.

Mungkin Anda akan mentok tidak bisa, jika hal ini terjadi dan terpaksa Anda harus bertanya maka jawaban rekan Anda akan membuka pandangan dan wawasan Anda.  Tapi jika Anda langsung bertanya tanpa berusaha untuk mencari solusinya, maka jawaban rekan Anda hanya sebagai  angin lalu yang mudah lupa. Coba kita amati di sekitar kita jika ada teman yang tekun di depan komputer dan jarang bertanya maka biasanya orang tersebut pandai mengoperasikan komputer. Ada pepatah yang cukup ekstrim ‘ Gengsi untuk bertanya’ (dalam bidang komputer). Terlepas apakah itu baik atau tidak namun jika ada yang mempunyai prinsip itu dan di lanjutkan dengan usaha mencari solusinya sendiri maka di pastikan orang tersebut cepat pandai komputer.

Ada satu hal lagi jika kita sudah berusaha mencari solusinya dan belum ketemu juga, maka jangan khawatir, karena dengan buntunya pikiran kita maka biasanya dengan jalan yang tidak di sangka-sangka akan muncul solusinya, bisa karena tidak sengaja kita melirik ke teman kita yang sedang pakai komputer, atau melihat orang yang mengalami permasalahan yang sama dan mampu menyelesaikannya.

Dari uraian di atas maka dapat penulis tarik kesimpulan yaitu :

Belajar dengan tekun, sabar dan mandiri dalam memecahkan troubleshooting komputer. Jalankan prosesnya dan hasil akan mengikutinya.

Semoga bermanfaat..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s