Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Programmer

Berikut adalah beberapa kesalahan kecil umum yang sering dilakukan seorang programmer.

  1. Lupa memberikan tanda titik koma atau semi colon ( ; ) diakhir kode. Setiap mengetikkan perintah pada suatu baris, maka diakhir baris tersebut kita harus mengetikkan tanda titik koma atau semi colon tersebut. Hampir setiap bahasa pemrograman pasti membutuhkan tanda titik koma diakhir setiap barisnya, dan kita sebagai programmer kadang-kadang lupa untuk memberikannya.
  2. Tidak memberikan tanda kurung kurawal tutup ( } ). Ketika kalian membuat suatu kondisi menggunakan if atau membuat sebuah fungsi atau class, maka kita perlu membuat kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup. Ini sangat penting untuk mengetahui sampai mana saja isi dari sebuah fungsi, class atau suatu kondisi tersebut.
  3. Query SQL yang kurang tepat. Query dalam SQL tentu sangat penting ketika kita membuat sebuah program yang menggunakan database. Terkadang kita lalai sehingga query yang kita buat tidak tepat. Dan menghasilkan jumlah data yang tidak kita inginkan.
  4. Tidak memberikan tag penutup pada kode HTML. Dalam web programming, ada kode HTML yang memerlukan tag penutup dan ada juga yang tidak memerlukannya. Kadang ketika mebuat tag div kita lupa untuk memberikan tag penutupnya, sehingga halaman web yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s