Yang Wajib Ada dalam Komputer

1. Power Supply.
Biasa disingkat PSU (Power Supply Unit). Fungsi part ini adalah menyuplai energi listrik ke dalam part-part komputer yang lain agar bisa berfungsi tentunya. PSU biasanya dibedakan berdasarkan daya yang diusung dalam satuan watt, ada yang 350watt, 450watt, dst…
Gambar PSU :

2. Mother Board
Biasa disingkat MoBo, Disebut Motherboard/Papan Ibu karena memang parts ini berfungsi sebagai ‘ibu’ dari part-part komputer lain, papan ini berfungsi sebagai tempat ‘menancap’nya komponen komputer lain seperti prosesor dll… Motherboard biasanya dibedakan berdasarkan chipset yang diusungnya, tapi untuk mudahnya, lihat saja slot/port yang dikandungnya, supportkah dengan part yang akan anda ‘tancap’kan di situ?
Gambar MoBo :

3. Processor

Part inilah yang merupakan inti dari sebuah komputer. Jika dianalogikan sebagai manusia, Processor merupakan otak dari sebuah komputer, processor memikirkan semua perhitungan dalam sebuah komputer. Processor yang terkenal saat ini berasal dari dua label raksasa yaitu AMD dan Intel.
Adapun produk2 dari AMD biasanya ditandai dengan akhiran ‘on’ seperti AMD Athlon, AMD Turion, AMD Sempron
Sementara produk Intel dimulai Dari Celeron, Pentium, Celeron, hingga Core yang terbaru.
Gambar Processor :

4. RAM
Random Access Memory atau sering disebut memory. Jika dianalogikan sebagai manusia, RAM merupakan tangan dari komputer. semakin besar RAMnya semakin banyak tangan yang sanggup melakukan pekerjaan-pekerjaan komputasi secara cepat tentunya. RAM biasanya dibedakan menurut jenis dan ‘ukurannya’ jenis-jenis RAM : SDRAM (yg paling jadul), DDR, DDR2 (yg sedang in saat ini), DDR3 (masih mahal harganya)
Gambar RAM :

5. Harddisk Drive
Biasa disingkat HDD, Sebuah media penyimpanan data bisa berupa teks, lagu, gambar, video, program, dll. Harddisk dibedakan dari jenis port/colokan nya, ada yang IDE/ATA, ada yang SATA dan SATA 2. untuk kapasitas penyimpanan, harddisk sangat beragam, mulai dari 20 gigabyte hingga hitungan terabyte/1000giga (mohon koreksi jika salah). Label terkenal pembuat harddisk adalah Seagate, Maxtor, WDC, Samsung, dll..

6. Casing
semua itu tadi bakalan terlihat kotor dan berantakan jika tidak dirakit menjadi satu kesatuan. Nah Casing merupakan kotak tempat perakitan itu. Casing biasanya dibedakan menurut ukurannya, Desktop, Tower, Semitower, dll. ukuran Casing juga mengikuti ukuran parts komputer yang lain.
Gambar Casing :

7. Monitor
Bagaimana anda mengolah data tanpa monitor? Bagaimana anda memainkan game tanpa monitor? bagaimana anda menonton film tanpa monitor? Ya, monitor merupakan interface part yang paling krusial. Tanpanya segala fungsi canggih komputer/PC tidak akan berguna.
Monitor saat ini dibedakan menjadi 2, yaitu CRT dan LCD, gampangannya CRT adalah monitor yang berbentuk ‘gendut’ sedangkan LCD adalah monitor yang berbentuk ramping

8. Keyboard dan Mouse
Bagaimana cara anda mengetikkan data dalam komputer? bagaimana cara anda menggerakkan pistol anda dalam game FPS? bagaimana anda menunjuk file yang akan anda buka? Jawabanyya adalah dengan Input Devices berupa keyboard dan mouse. Sekarang Keyboard dan Mouse sudah sangat beragam bentuk dan interfacenya, ada yang menggunakan bluetooth, ada yang menggunakan sistem split, ada yang bisa digulung, dll.
Gambar Keyboard dan Mouse :
images

YANG SERING DITAMBAHKAN PADA KOMPUTER

1. Speaker
Entah itu Earphone, Headphone, Loudspeaker, atau yang lainnya, Speaker merupakan part tidak wajib yang hampir selalu ada di setiap set PC/komputer. Kegunaannya sebagai peranti multimedia membuat orang merasa harus memiliki perangkat ini dalam set PC mereka.
gambar Speaker :

2. VGA(virtual graphic adapter)/GPU(graphic processor unit)
Peranti ini sifatnya membantu Processor untuk mengolah data yang berupa gambar visual, pada beberapa Mobo, vga tambahan tidak diperlukan karena sang MoBo sudah mengadaptasinya dalam sistemnya. namun untuk beberapa MoBo dan user yang tidak puas dengan kinerja VGA onboard (istilah untuk part yang sudah terintegrasi pada MoBo), VGA tambahan merupakan pilihan tepat.
Produsen VGA terkenal hingga kini adalah ATI/AMD, dan NVidia
Produk ATI/AMD – Radeon
Prosuk NVidia – GeForce dan Quadro
Gambar VGA :

3. Modem
Buat yang suka internet, peranti yang ini wajib dimiliki. Ada banyak pilihan untuk modem ini, Modem Dial U/ADSL(internal/external), Modem GPRS, Modem CDMA, dan Modem HSPDA, pilihan tersebut berdasarkan jenis provider internet yang akan dipilih.
Gambar salah satu jenis Modem :

4. Joystick
Nah, kalo yang demen maenin game, perangkat ini jangan sampe ketinggalan. mulai dari plane joystick hingga steering wheel, semua memberikan sensasi tersendiri saat main game dibandingkan jika menggunakan keyboard.
Nih gambar jenis-jenis Joystick :

5. Microphone dan Webcam
Perangkat ini menjadi perangkat wajib buat chatter. Chatting tidak berasa tanpa ngobrol langsung pake microphone dan webcam bagi mereka… Microphone juga bisa jedi peranti perekam suara lho. Kalo webcam bisa jadi peranti foto-foto an buat yang banci foto.
Ni gambar microphone dan webcam :

6. Drawing Pad
Atau sering disebut Tablet. Kalo ini part khusus buat desainer ato yang suka drawing langsung ke komputer. digital drawing dan painting akhir-akhir ini sedang marak. Merek dari Tablet PC yang terkenal adalah genius dan Wacom, ukurannya beragam, jenisnya pun beragam, ada yang dilengkapi dengan layar lcd langsung pada drawing padnya, jadi sang penggambar tidak perlu menatap layar monitor saat menggambar, langsung saja liat ke papan gambar kita.
Gambar Tablet PC :


7. Printer
Nah kalo yang ini, semua mesthi udah ngerti…

images (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s